SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 14 Mei 2009

BAYI TABUNG (fertilisasi in vitro) INUL DARATISTA

Setelah menikah selama 14 tahun akhirnya pasangan Inul Daratista dan Adam Suseno dikarunia seorang putra. Putra pertama Inul ini lahir di RS. Medistra pada 19 Mei 2009. Yang menarik dari kelahiran putera pertama Inul ini adalah melalui proses yang tidak biasa, yaitu bayi tabung. Menurut informasi biaya yang dikeluarkan Inul untuk menjalani proses bayi tabung ini mencapai 500 Juta Rupiah. Biaya yang mahal untuk mendapatkan seorang bayi.
Program bayi tabung ini dapat dilakukan bagi suami istri yang lama menikah tapi belum memperoleh keturunan. Padahal menurut dokter kondisi sperma dan sel telur pasangan ini baik, artinya tidak ada yang mandul. Tapi karena sesuatu hal, mungkin keasaman saluran reproduksi sang istri membuat sperma yang masuk cepat mati, sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan (fertilisasi).
Bagi pasangan suami istri yang sulit memiliki keturunan secara biasa karena sesuatu hal dapat ditolong dengan teknologi Bayi Tabung (fertilisasi in vitro). Teknologi ini pertama berkembang di Inggris pada tahun 1978, ditandai dengan keberhasilan dokter-dokternya menghadirkan bayi tabung perempuan bernama Louise Brown.
Prinsip bayi tabung ini adalah membantu mempertemukan sperma dan sel telur di dalam suatu medium cair dalam cawan petri. Sel telur dan sperma dikeluarkan dengan cara khusus dan dipertemukan dalam cawan petri. Jika terjadi pembuahan akan terbentuk zigot. Zigot kemudian diinkubasi di inkubator sampai hari ketiga akan terbentuk fase Blastula. Pada hari keempat, blastula dimasukkan ke dalam rahim sang istri (tahap implantasi). Sang istri akan hamil normal sampai usia 9 bulan dan akan dilahirkan seorang bayi.
Perkembangan dan pertumbuhan bayi selanjutnya sama dengan bayi-bayi lainnya. Menurut pandangan agama proses bayi tabung diperbolehkan asal sperma dan sel telur berasal dari pasangan suami istri.

0 komentar:

Posting Komentar