SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jumat, 13 November 2009

BELAJAR BUTUH PROSES

Ingin sukses menjadi pelajar? Ingin berhasil menempuh Ujian Nasional? Pastinya jawabannya kompak "Yaaaaaa". Siapa sih yang tidak ingin sukses. Siapa sih yang tidak ingin berhasil. Semua ingin sukses dan berhasil, menjadi kebanggaan orang tua dan keluarga.
Untuk sukses dan berhasil menjadi pelajar bukanlah hal mudah, tidak dapat secara instan kita dapatkan. Meskipun bukan hal yang mudah, tetapi dapat kita raih jika kita memiliki tekad dan kemauan yang kuat serta motivasi yang tinggi.
Belajar merupakan suatu proses mendapatkan informasi/pengetahuan/keahlian. Menurut Adam Kho pengarang buku "Aku Anak jenius" ada 5 proses yang harus kita jalani secara benar dalam belajar. Proses tersebut adalah:
1. Membaca (Reading)
Bacalah materi pelajaran lebih dulu sebelum dibahas di kelas.
2. Mencatat/meringkas (Writing)
Buatlah catatan/ringkasan yang berisi point-point penting atau kata kunci dari materi pelajaran.
3. Mendengarkan (Listening)
Dengarkanlah/perhatikanlah materi pelajaran yang disampaikan/dijelaskan guru di sekolah.
4. Mengingat-ingat (Remembring)
Ingat-ingat atau pelajari lagi materi pelajaran yang baru saja dipelajari di sekolah.
5. Latihan (Exercising)
Cobalah mengerjakan soal-soal yang ada paba buku latihan ataupun Lembaran Kerja Siswa tanpa membuka materi pelajaran. Periksalah hasilnya, bagian mana yang belum dipahami pelajari lagi.
Kelima proses tersebut harus kita jalani dengan benar ditambah dengan kekuatan Do'a, insya Allah semua tujuan kita akan tercapai. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar