SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Senin, 15 November 2010

SOAL LATIHAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA

1. Archaebacteria memiliki struktur yang berbeda dengan Eubacteria, karena Archaebacteria ... .

2. Jenis archaebacteria yang dapat hidup di kawah gunung berapi dan sumber air panas termasuk kelompok…..
3. Bakteri metanogen juga terdapat di dalam usus hewan ruminansia/herbivora, yaitu ….
4. Sulfolobus merupakan archaebacteria yang hidup di mata air sulfur Yellow stone National Park, di Amerika. Archaebacteria ini termasuk…..
5. Bakteri termasuk organisme prokariotik karena tidak memiliki membran…..
6. Bentuk bakteri






7. Berdasarkan letak bulu cambuk, bakteri di bawah termasuk..




8. Bakteri yang pada seluruh permukaan tubuhnya terdapat flagel disebut……

9. Bakteri dapat digolongkan menjadi bakteri Gram Negatif dan Gram positif. Penggolongan tersebut berdasarkan….

10. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri:
1. influenza 5. hepatitis
2. sifilis 6. Pneumonia
3. Kolera 7. Rabies
4. Demam berdarah
Kelompok penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah…..

11. Bakteri pengikat nitrogen yang hidup bersimbiosis dengan polong-polongan adalah…

12. Pemindahan materi genetik dari bakteri satu ke bakteri yang lain dengan perantaraan virus disebut ... .

13. Jika keadaan lingkungan memburuk, bakteri akan melindungi dirinya dengan membentuk……

14. Reproduksi bakteri dengan menggunakan jembatan sitoplasma terjadi saat proses………

15. Gambar di bawah merupakan perkembangbiakan bakteri dengan cara…


16. Dalam pembuatan nata de coco digunakan bakteri……

17. Bakteri Escherechia colli merupakan bakteri apatogen yang habitatnya di….

18. Treponema pallidum merupakan bakteri penyebab penyakit…….

19. Bakteri yang mendapatkan makanan dengan cara menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati, disebut bakteri……..

20. Bakteri berikut bermanfaat menghasilkan antibiotik adalah…..
21. Penyakit kolera disebabkan oleh bakteri…….

22. Bakteri yang dapat menimbulkan penyakit disebut bakteri……

23. Bakteri dalam usus manusia yang berperan menghasilkan vitamin K adalah….

24. Cyanobacteria berwarna hijau kebiru-biruan karena adanya pigmen…..

25. Sel yang lebih tebal berperan pada proses fiksasi nitrogen pada Cyanobacteria disebut….

26. Cyanobacteri berikut yang berperan sebagai vegetasi perintis adalah….

27. Spirulina merupakan cyanobacteria yang dapat dimanfaatkan untuk………

28. Cara reproduksi pada cyanobacteria bentuk filamen adalah……….

29. Jenis cyanobacteria yang bersimbiosis dengan tumbuhan paku air dan lumut hati untuk memfiksasi nitrogen adalah……..

30. Cyanobacteria berperan sebagai……………………………..

Selasa, 09 November 2010

KISI-KISI TRY OUT KE 2

1. Siswa dapat menjelaskan cara penulisan nama ilmiah makhluk hidup dengan benar
2. Disajikan nama-nama tumbuhan, siswa dapat menentukan tingkat keanekaragamannya.
3. Disajikan tabel nama monera dan manfaatnya, siswa dapat menentukan pasangan yang benar.
4. Disajikan percobaan fermentasi dan hasilnya, siswa dapat menarik kesimpulan dari percobaan tersebut dengan benar.
5. Disajikan ciri-ciri mikroorganisme, siswa dapat menentukan ciri-ciri salah satu mikroorganisme.
6. Disajikan salah satu daur hidup invertebrate, siswa dapat menyebutkan tahap-tahapnya.
7. Siswa dapat menyebutkan perbedaan tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
8. Disajikan tahap-tahapan terjadinya perubahan ekosistem, siswa dapat menentukan jenis kejadian yang terjadi.
9. Siswa dapat menentukan dampak zat pencemar bagi lingkungan.
10. Disajikan nama-nama organel, siswa dapat menyebutkan organel-organel yang hanya dimiliki oleh hewan atau oleh tumbuhan.
11. Disajikan gambar transport zat (aktif), siswa dapat menentukan jenis transport zat yang terjadi.
12. Disajikan gambar penampang usus siswa dapat menentukan nama jaringan yang ditunjuk.
13. Disajikan gambar sel syaraf, Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian dan fungsinya.
14. Siswa dapat menjelaskan pernafasan dada dan perut.
15. Disajikan gambar sel-sel darah dan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap jumlah sel-sel darah tersebut, siswa dapat menentukan jenis kelainan yang terjadi.
16. Disajikan bagian-bagian telinga, siswa dapat menentukan jalannya rangsang bunyi di telinga.
17. Disajikan gambar nefron dan kelainan yang terjadi, siswa dapat menentukan bagian nefron yang mengalami kerusakan.
18. Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut.
19. Disajikan gambar tahapan respirasi, siswa dapat menentukan jenis tahapan respirasi yang ditunjuk.
20. Siswa dapat menjelaskan pengertian respirasi sel.
21. Disajikan bagan reaksi fotosintesis, siswa dapat menentukan bagian yang ditunjuk.
22. Disajikan gambar percobaan enzim katalase, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut.
23. Disajikan table hasil uji makanan, siswa dapat menentukan jenis makanan yang harus dihindari penderita penyakit tertentu.
24. Disajikan gambar siklus Calvin-Benson, siswa dapat menentukan zat yang akan membentuk hasil reaksi tersebut.
25. Disajikan gambar kloroplas, siswa dapat menentukan bagian tempat terjadinya reaksi tertentu.
26. Disajikan potongan untaian DNA, siswa dapat menentukan urutan kodon pada sisntesa protein.
27. Disajikan potongan untaian DNA, siswa dapat menentukan urutan asam amino pada sisntesa protein
28. Disajikan untaian DNA, siswa dapat menentukan jumlah nukleotida.
29. Disajikan gambar anatomi bunga, siswa diminta menentukan bagian tempat terjadinya proses pembelahan sel.
30. Disajikan gambar ovarium dan serbuk sari, siswa diminta menentukan proses dan hasil pembuahan ganda.
31. Disajikan gambar pembelahan sel, siswa diminta menentukan urutan tahap pembelahan sel.
32. Disajikan persilangan dihibrid, siswa diminta menentukan jumlah individu untuk fenotif tertentu.
33. Penyimpangan semu hukum memndel, siswa diminta menentukan persentase fenotif.
34. Penyimpangan semu hokum Mendel, siswa diminta menentukan perbandingan fenotif.
35. Persilangan Mendel, siswa diminta menentukan perbandingan fenotif hasil persilangan.
36. Disajikan hasil persilangan lalat buah, siswa diminta menentukan nilai pindah silang.
37. Persilangan alel ganda, siswa dapat menentukan perbandingan fenotif hasil persilangan.
38. Disajikan peta silsilah buta warna, siswa dapat menentukan genotif salah satu anggota keluarga.
39. Disajikan genotif individu, siswa dapat menentukan jumlah macam gamet pada kondisi tertentu.
40. Siswa dapat menentukan kariotif salah satu sel tubuh organisme.

Jumat, 05 November 2010

KISI-KISI ULANGAN UMUM SEMESTER 1 KELAS X

1. Siswa dapat menjelaskan alasan penggolongan virus ke dalam makhluk hdiup dan benda mati.
2. Disajikan gambar perkembangbiakan virus, siswa dapat menyebutkan fase-fasenya.
3. Siswa dapat menyebutkan macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus
4. Siswa dapat menyebutkan salah satu penyakit pada tumbuhan dan virus penyebabnya.
5. Siswa dapat menjelaskan virus pemakan bakteri.
6. Siswa dapat menjelaskan tempat perkembangbiakan virus.
7. Siswa dapat menyebutkan vaksin yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus.
8. Disajikan gambar virus, siswa dapat menyebutkan virus yang ada pada gambar.
9. Siswa dapat menjelaskan perbedaan Archaebacteria dan eubacteria.
10. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan pada Archaebacteria.
11. Siswa dapat menyebutkan habitat salah satu kelompok bakteri Archaebacteria.
12. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan pada Archaebacteria.
13. Siswa dapat menjelaskan alasan pengelompokan organisme prokariotik dan eukariotik.
14. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk bakteri.
15. Siswa dapat menjelaskan pengelompokkan bakteri berdasarkan alat geraknya.
16. Siswa dapat menjelaskan pengelompokkan bakteri berdasarkan alat geraknya.
17. Siswa dapat menjelaskan dasar pengelompokkan bakteri.
18. Disajikan nama macam-macam penyakit, Siswa dapat menyebutkan macam-macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
19. Siswa dapat menjelaskan bakteri dan manfaatnya.
20. Siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.
21. Siswa dapat menjelaskan cara adaptasi bakteri.
22. Siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.
23. Siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.
24. Siswa dapat menjelaskan bakteri dan manfaatnya.
25. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan bakteri dan habitatnya.
26. Disajikan nama bakteri, siswa dapat menyebutkan penyakit yang ditimbulkannya.
27. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan cara hidupnya.
28. Siswa dapat menjelaskan bakteri dan manfaatnya.
29. Disajikan nama bakteri, siswa dapat menyebutkan penyakit yang ditimbulkannya.
30. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan bakteri heterotrof.
31. Siswa dapat menjelaskan bakteri dan manfaatnya.
32. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri Cyanobacteria.
33. Siswa dapat menjelaskan salah satu manfaat sel yang dimiliki Cyanobacteria.
34. Siswa dapat menjelaskan manfaat cyanobacteria dan nama spesiesnya.
35. Siswa dapat menjelaskan manfaat cyanobacteria dan nama spesiesnya.
36. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi Cyanobacteria.
37. Siswa dapat menjelaskan jenis Cyanobacteria yang melakukan simbiosis dan manfaatnya.
38. Siswa dapat menjelaskan alasan pengelompokan Protista.
39. Siswa dapat menjelaskan salah satu protista yang diperoleh melalui pengamatan air yang tercemar bahan organik.
40. Siswa dapat menjelaskan salah satu protista yang diperoleh melalui pengamatan air kolam/sawah.